Mengendalikan suatu komputer melalui komputer lainnya


Mungkin ada banyak software atau tool untuk remote.. ada satu tools yang sampe sekarang saya pake namanya ultraVNC . VNC sendiri artinya Virtual Network Computing jadi fungsinya untuk remote desktop komputer or pc kita.

Berikut tulisan di webnya
UltraVNC is a powerful, easy to use and free software that can display the screen of another computer (via internet or network) on your own screen. The program allows you to use your mouse and keyboard to control the other PC remotely. It means that you can work on a remote computer, as if you were sitting in front of it, right from your current location. If you provide computer support, you can quickly access your customer’s computers from anywhere in the world and resolve helpdesk issues remotely!
http://www.uvnc.com/

artinya kurang lebih :
UltraVNC adalah tool yang ampuh, mudah digunakan dan software gratis yang dapat menampilkan layar komputer lain (melalui internet atau jaringan) pada layar Anda sendiri. Program ini memungkinkan Anda untuk menggunakan mouse dan keyboard untuk mengendalikan PC lainnya dari jarak jauh. Ini berarti bahwa Anda dapat bekerja pada komputer remote, seolah-olah Anda sedang duduk di depan nya, langsung dari lokasi Anda sekarang. Jika Anda teknisi, Anda dapat dengan cepat mengakses komputer pelanggan Anda dari mana saja di dunia dan menyelesaikan masalah-masalah helpdesk jarak jauh!

Ultravnc ini berjalan di platform windows,.. walau di XP sendiri sebenernya ada juga remote desktop bawaanya sendiri tapi kurang keren kayaknya…
Truz yang keren lagi ini tools bisa di remote via browser keren juga yah. cukup di browse di port 5800 contoh http://192.168.0.1:5800 tapi ada saratnya.. untuk bisa melakukan hal ini.. pertama browser kudu punya java plugin,.. kedua karena VNC nggak terinstall sendiri jadi kita harus install dulu di setiap pc yang akan kita remote,.. nggak gede2 amat kok filennya.. nah selamat mencoba ye.. untuk download sihlakan download aja di websitenya

Langkah instal ( pasti pada bisa deh )
Sebenarnya bukan pengen ngajarin instalannya tapi cara setting dan penggunaannya

Klik setupnya, Pilih bahasa, Klik next terus sampai konfigurasi server centang semua,
Klik next lagi dan instal.

Ini dia bagian yang harus kita setting
Server Propert Page
Untuk mudahnya aja ye jangan ubah centangan defaultnya cukup kita hilangkan dikit centangnya.
1. Display number port ini berguna jika kita mau ada banyak kom yang mau kita remote klo Cuma 1 kom cukup n nya isi 0, klo kita instal banyak kom tinggal ubah saja komputer 1 n=1 komputer 2 nanti n nya n= 2 atau terserah.
Fungsinya jika pakai web remotenya nanti kita harus ngetik http://192.168.0.1:5800 atau http://192.168.0.1:5801 jika kita ganti n nya 1 , 5802 untuk komputer ke 2, dst
2. VNC pass: (isi terserah anda) gunanya untuk password kita remote komputer yang kita seting ini di komputer lain.
3. Kita rubah centang misc
yang perlu di centang hanya disable try icon
gunanya : agar komputer yang kita remote tidak tau klo komputer sedang di remote.
Klik apply Klik disable protec my computer jika ada timbul pertanyaan OK
Lalu kita ke desktop dan klik icon ultra vnc server, vnc already running.

agar vnc tak bisa di stop kita delete semua shortcut di dekstop dan di start menu program kita, Yang ada tulisan ultra vnc. OK setingannya segini dulu tinggal anda berkreasi sendiri deh.

PRAKTEK

Saatnya Praktek remote kita. Antar Lan dulu ye.
Dari kom lain kita ketik di browsingan mozila atau IE. Ketik ip com yang kita instal tadi ditambah :5800
Contoh misal ip yang tadi kita instal http://192.168.0.1:5800
Ngetsnya di komputer lain ya, yang masih di jaringan
Pastikan IP disetting static.
exp:
IP komp yang tadi kita instal : 192.168.0.1
IP komp untuk liat komputer yang kita instal: 192.168.0.3 (yg meremote)
jreng berhasilkan, kita bisa gunaiin semua nya, dan transfer datanya.
Ada software portabelnya juga loh buat liat vnc namanya vnc view dari website ultravnc yang lebih powerful kita bisa chat langsung dengan orang yang di remote.

Mirip Deepfreeze / Alternative pengganti Deepfreeze
Sudah pernah memakai deepfreeze (sampe DF Standard hingga DF Profesional 6.51) dan ternyata sudah bisa ditembus passw nya, sangat mudah sekali menembusnya membuat saya tidak rela dan tidak ikhlas jika orang yang bisa merubah itu di sebut hacker, craker atau ahli, gmna mau rela jika orang yang menembusnya menggunakan tool yang sangat mudah, tidak sampai 1 menit password dan setingan bisa di rubahnya.

» What is Shadow Defender ?
Shadow Defender is an easy-to-use security solution (for Windows operating systems) that protects your PC/laptop real environment against malicious activity and unwanted changes. http://www.shadowdefender.com/
Artinya kurang lebih :
Shadow Defender sangat mudah digunakan untuk solusi keamanan (untuk sistem operasi Windows) yang melindungi PC / laptop di lingkungan nyata terhadap segala bentuk aktifitas dan perubahan yang tidak diinginkan.

Bagi anda yang saat ini menggunakan Deepfreeze sudah saatnya beralih ke software yang satu ini. selain secure juga ringan.
Memory source yang ringan ini yang telah memikat hati saya, maka mau nggak mau deep saya tingglkan….!!!!!!!!!

Bagi anda yang sering menjelajah dunia di warnet yang berbasiskan OS windows pasti tidak asing dengan software buatan perusahaan Faronic yaitu Deepfreez, dengan lambang beruang untuk versi terbarunya dan lambang freezer untuk versi lamanya, mengapa para admin di berbagai warnet windows memasang perangkat lunak ini?, jawabannya adalah untuk menghindari adanya malware baik itu virus, spyware, atau pun trojan dengan cara mengembalikan kondisi kompi seperti semula sebagai mana sebelum instalasi deepfreez.
Akan tetapi kelemahan software ini sudah terlanjur di temukan oleh para pakar-pakar di dalam bidang IT, terutama jika anda mengikuti forum-forum hacker ternama maka posting mengenai crackin perangkat lunak ini sudah termasuk lama baik itu versi terbaru deepfreez apalagi versi lamanya (yang lebih mudah di crack).
Maka sebagai jalan lainnya saya akan memperkenalkan software Shadow Defender yang bermotokan “The way to a safer world”. software unik ini mempunyai fungsi yang hampir sama dengan DeepFreez akan tetapi setelah saya mencobannya ternyata perangkat lunak ini mempunyai kemampuan lebih, yaitu:

1. jika Shadow defender aktif maka sesi itu diberi nama shadow mode dimana lingkungan sistem yang berkerja saat itu adalah lingkungan virtual, jadi jika ada kerusakan sistem pada saat shadow mode sistem asli tidak akan rusak yang akan kembali kondisinya setelah di reboot/restart.

2. Anda bisa memasukan pengecualian folder didalam partisi yang diaktifkan shadow mode-nya.

3. Sesi peralihan dari lingkungan asli ke lingkungan virtual tidak membutuhkan restrart.

Ghizoy says  “Yups, Embah qta yg satu ini masih akan terus membagi bagikan ilmunya kepada kita,.. tunggu aja kelanjutannya,.,.,.”