Share From Wisnu Sanjaya


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi teknisi komputer yang handal. Catatan !! Ketika Anda memutuskan untuk terjun di dibidang perbaikan komputer, Anda harus benar-benar paham benar seluk-beluk dari komputer itu sendiri. Bukan hanya bisa install program, basmi virus, recovery data,atau install jaringan.

1. hardware harus = kebutuhan misal : -kasir, secretray, administrasi tidak memerlukan PC high end – design grafis membutuhkan pc high end – pekerja lapangan memerlukan laptop jadi tidak semua pekerja memerlukan laptop -pc game tidak = pc internet only

2. perangkat Pc harus sesuai ruangan -jika ruangan banyak tembok maka pilih jaringan kabel jangan wifi -jika ruang sempit cocoknya casing desktop atau mini tower, lcdnya berpa inci

3. hitung kebutuhan listrik agar listrisk tidak turun dan untuk penambahan pc selanjutnya

4. usahakan hardware dan software yang berkualitas irit tapi tidak berkualitas = pemborosan mouse 30rb dalam setahun ganti 8 kali mending beli mouse 80rb dalam setahun ganti 1 kali server windows bajakan atau linux yang tidak membutuhkan pc high end? rajin² baca situs dan majalah untuk liat sepesifikasi dan testimoni pengguna kekurangan dan kelebihan produk

5. perlu UPS atau tidak ? ups adalah listrik cadangan pada saat listrik pln mati

6. berikan edukasi ke user cara gunakan hardware dan software, cara printer, merawat, update anti virus dll

7. Instal program yang dibutuhkan saja -programer membutuhkan aplikasi apa aja -disain grafis membutuhkan apa aja -office membutuhkan apa aja jangan di samakan

8. Usahakan agar pengguna nyaman dan tidak ribet -letak dan posisi PC -suhu AC -aplikasi yang bersahabat (user friendly)

9. pilih jaringan workgroup atau domain workgroup = semua pc levelnya sama artinya pengamanan di lakukan di setiap pc domain = punya server khusus yang mengorganisasikan seluruh kemanan pc

10. perhatikan networkingnya, untuk memudahkan menajemen ip addreesnya, nama pcnya, pembagian reseorce nya (data dan printer yang di share mana aja) securitynya

11. jangan izinkan user menginstal sotware tanpa izin, sepengetahuan dan ngobrol ke teknisi. spyware masuk, kena virus, smapai hang dan hilang data bnyak waktu dan tenaga serta kerugian yang di timbulkan.

12. buat dokumentasi inventarisasi kapan waktu garansi habis, kapan saatnya upgrade dan harus di ganti

13. anti virus hari gini tanpa anti virus, karena banyak alasan orang buat virus mulai iseng, pengen terkenal, putus cinta, sakit hati, coba², meraup untung, atau dari pesaing, update anti virus dan pengetahuan anda

14. firewall di server apa jadinya jika ada orang luar masuk ke dalam jaringan pc anda, mengambil data, menyerang dan merusak

15. ubah password default perangkat misal router, software dll change

16. beri keamanan berlapis deefreez bisa di jebol maka tmbah anti exe untuk mencegah program penjebol, regedit bisa di jebol disable vbs, cmd dll

17. uji kinerja PC dan bersihkan perwatan dan pengecekan tapi jangan terlalu sering

18. harus tau topologi , aturan pengkabelan dan routing berapa banyak switch yang terhubung dengan switch kabel mana menuju pc mana penomoran agara memudahkan sewaktu² perbaikan

19. proteksi wifi

20. lakukan backup data penting, configurasi server terjadwal

21. prioritas perbaikan -prioritas tinggi : server dan bagian ² yang jika rusak menyebabkan kerugian besar -menengah : software di sisi user, masih bisa di tunda -low : perbaikannya bisa di tunda karena tidak membuat kerugian besar ada bos dan karyawan kadang tak tau klo sebenarnya teknisi yang pengalaman tau mana prioritas karena tidak semua pekerjan adalah penting

22. gunakan aplikasi untuk mempermudah vnc : memperbaiki tanpa harus mengunjungi ghost : instal tanpa harus mabok instal chat : konsultasi dn ngibrl tanpa harus bertemu

23. tulis rencana kerja – sebelum kerja sudah di persiapakan apa aja yang akan di kerjakan -sejarah kerusakan yang kemarin belum selesai

24. jangan gunakan software tanpa seleksi baik yang freeware maupun shareware

25. evaluasi kerja ada peningkatan atau tidak hasil kerja anda

26. tingkatkan Ilmu Pengetahuan – baca buku, ikut kursus, forum dan gaul dengan komunitas. sehinnga pc adalah alat yang memudahkan, menyenangkan dan menghasilkan pernah ada karyawan bagian lain yang iri dengan kerjaan teknisi karena dia menyangka teknisi ga ada kerjaannya tapi di gaji besar, padahal klo dia tahu mencari ilmu termasuk kerjaan teknisi, bisa anda bayangkan klo teknisinya be eee geee ooo, maka omset perusahan anda bisa menurun karena pas mau ngeprint pc lagi rusak, pas mau di gunai pc kena virus, atau data hilang karena di ambil cracker, dll