Potensi Di balik Lokasi


Share kali ini Ghi dapet dari info komputer nich, jadi langsung di baca aja ya :

Dengan Google Buzz, kita bisa tahu informasi lokasi. Twitter sudah lama punya feature itu. Facebook bakal segera menerapkannya.

Apa pentingnya, sih? Kita makhluk dinamis. Sebagai manusia, bergerak menjadi salah satu aktivitas dasar kita. Berpindah lokasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk itu, kita perlu panduan jalan dan lokasi. Peta, direktori, dan buku panduan adalah gaya lama. Pada era serbacepat dan serba-mobile sekarang ini, kita butuh informasi tempat yang bisa diakses dari mana saja. Solusi online menjadi jawaban. Lahirlah situs-situs berbasis lokasi (location-based web services) di Amerika Serikat, seperti: Foursquare, Yelp, dan Gowalla. Tidak hanya populer, mereka juga sukses secara finansial. Inilah alasan Twitter, Google, dan Facebook latah mengikuti jejaknya. Pengembang web Indonesia enggan ketinggalan. Buktinya, kini sudah hadir beberapa web lokal yang menyediakan informasi lokasi. Selain bertujuan melayani kebutuhan pengguna Internet, mereka juga mencium adanya potensi bisnis. Apa saja? Simak cerita para “dalang” di balik tiga web lokal berbasis lokasi: LewatMana, Urbanesia, dan Koprol, berikut ini kepada InfoKomputer. (Erry FP)

(Artikel ini pernah dimuat di majalah InfoKomputer edisi Maret 2010. Semua data dan informasi yang tersaji dianggap valid per akhir Februari 2010)