Google Knowledge


CHIP.co.id – Google secara resmi meluncurkan layanan Google knowledge graph secara global mulai tanggal 9 Agustus hari ini. Fitur baru yang disebut model pencarian cerdas tersebut mampu memahami kata-kata sehari-hari serta hubungan mereka satu sama lain. Jadi, ketika Anda mengetik kata di mesin pencari, Google akan menampilkan hasil yang paling relevan Anda butuhkan di halaman pencarian.

Misalkan ketika Anda mencari “Ubud”, Google akan menampilkan hasil pencarian teratas yaitu hotel dan cara pemesanan hotel di Ubud bali. Apakah itu yang Anda cari atau Anda mencari Ubud yang merupakan nama daerah di Bali? Nah, fitur knowledge graph akan muncul di sebelah kanan halaman dengan menampilkan Ubud, satu nama kabupaten di Bali lengkap dengan petanya dari Google Maps. Di bawah peta terdapat deskripsi singkat yang merujuk langsung ke laman Wikipedia dan bisa dibaca lebih lanjut dengan meng-klik tautan situs.

Selain itu, muncul pola informasi cuaca di Ubud, sekaligus penunjuk waktu lokal. Google bahkan menampilkan tempat-tempat menarik di Ubud yang sering menjadi tujuan para wisatawan, misalkan Monkey Forest, Goa Gajak, Museum Puri Lukisan, Agung Rai Museum of Art, dan Neka Art Museum.

Sayangnya, sampai sejauh ini knowledge graph yang pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat pada Mei 2012 ini baru tersedia dalam bahasa Inggris.

Pagi tadi, Vice President dan Google Fellow, Amit Singhal dari kantor pusat Google di Mountain View, California menyempatkan diri berbicara dengan sejumlah jurnalis dari berbagai negara Asia, termasuk CHIP melalui konferensi video. Simak laporan lengkapnya hanya di CHIP.Image

 

sumber : CHIP.CO.ID